NEWS UPDATE :  
MAN Purworejo

Berita

PPDB MAN 2024/2025 MAN PURWOREJO
PPDB MAN PURWOREJO 2024/2025 PROGRAM ASRAMA

KPPN Purworejo Gelar Treasury Goes To School di MAN Purworejo

Purworejo (26/02/2024) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purworejo menggelar “Treasury Goes To School” dengan mengunjungi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo dalam rangka memberikan edukasi kepada para 50 siswa Pengurus OSIS tentang pentingnya pengelolaan APBN yang bersih dan akuntabel, Senin (26/02/2024) di Aula MAN Purworejo.

"Kegiatan Treasury Goes To School ini berupa pemaparan mengenai Keuangan dan Perbendaharaan Negara yang disertai memberikan kuis interaktif dengan doorprise menarik." kata Kepala KPPN Purworejo Yessy Silvia Maharini.

“Generasi muda termasuk siswa MAN Purworejo perlu memiliki kepedulian terhadap bangsa dan negara, salah satunya terhadap pengelolaan negara secara bersih dan profesional, termasuk pengelolaan keuangan dan perbendaharaan negara.” Ungkapnya.

"Dalam kegiatan ini, pemateri yang berasal dari pegawai milenial KPPN Purworejo yang menjelaskan mengenai konsep keuangan negara dan bagaimana pelaksanaan APBN dilakukan dengan mengambil contoh-contoh keseharian yang mudah dipahami." tambahnya.

Pelaksanaan APBN perlu dilakukan secara cermat, dengan memperhatikan prioritas atas berbagai pilihan yang tersedia, dengan tujuan akhir untuk mencapai tujuan bernegara sebagaimana tersebut dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Treasury Goes To School merupakan salah satu program edukasi pada Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk lebih mengenalkan mengenai pengelolaan APBN kepada masyarakat luas, terutama generasi muda termasuk pelajar. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengenalkan secara umum mengenai peran pemerintah, dalam hal ini KPPN Purworejo, dalam penyaluran dana APBN kepada masyarakat.

Di akhir acara, diberikan beberapa pertanyaan atau kuis seputar APBN dan keuangan negara kepada para peserta dengan diberi doorprize bagi yang menjawab. Hal itu membuat peserta lebih antusias dan mudah memahami materi.

Kepala MAN Purworejo, melalui wakil kepala bagian Humas, Bisri Mustofa sangat mengapresiasi inisiatif KPPN Purworejo untuk menyelenggarakan kegiatan Treasury Goes To School. “Ikuti kegiatan ini dengan baik, insya Alloh banyak manfaatnya.” Pesannya kepada para peserta dalam sambutannya. (bn24)

Jurnalis Madrasah 2024

E-book Perpustakaan MAN Purworejo
Sambutan Kepala Madrasah

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahi robbil alamin, kami panjatkan  puji syukur kehadlirat Allah  SWT  atas berkat rahmat dan karunia-Nya akhirnya  Website MAN Purworejo:  www.manpurworejo.sch.id  dapat diperbaharui untuk dapat berkarya kembali di bidang pendidikan madrasah untuk mencerdaskan anak bangsa.
Pendidikan madrasah adalah modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya dengan latar belakang agama atau keimanan. Sumberdaya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam dan memberi layanan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan semangat nasionalisme dan berpedoman dengan nilai dan syariat Islam. Oleh karena itu, hampir semua bangsa berusaha meningkatkan kualitas pendidikan yang dimilikinya, termasuk Indonesia yang notabene mayoritas beragama Islam.
Pada dasarnya peningkatan kualitas pendidikan berbasis pada Madrasah merupakan bagian dari basis peningkatan kualitas manusia, karena madrasah lebih mengetahui masalah yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Madrasah berfungsi sebagai unit yang mengembangkan kurikulum, silabus, strategi pembelajaran, dan sistem penilaian yang bercirikan khas Islam.
MAN Purworejo sebagai salah satu madrasah unggulan senantiasa berusaha mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat terutama pemuka agama melalui serangkaian kegiatan dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan seperti yang tertuang dalam visi dan misi madrasah untuk membentuk generasi yang religious, cerdas, mandiri, unggul prestasi dan luhur pekerti dan peduli lingkungan. Dalam rangka merealisasikan hal tersebut perlu dijalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak madrasah, masyarakat dan pemerintah. Website ini kami hadirkan ke hadapan netizen sebagai bagian upaya untuk menjalin komunikasi dan mengawali kerjasama yang baik diantara kita.
Melalui upaya menyajikan website ini ke hadapan netizen, kami berharap dapat terjalin komunikasi dua arah antara pihak madrasah, siswa, pemerintah dan masyarakat. Komunikasi ini akan sangat berguna bagi semua pihak yang berkepentingan, bagi pihak madrasah informasi yang didapat dari masyarakat akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi kebijakan yang ada, di sisi lain pihak madrasah juga dapat menyampaikan dan mensosialisasikan program serta kebijakan madrasah.
Kami berharap bahwa pendidikan Indonesia pada umumnya dan pendidikan agama di MAN Purworejo dapat terus ditingkatkan kualitasnya sehingga pada saatnya nanti dapat sejajar dengan negara-negara maju lainnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kontak
Alamat :

Jl. Brigjend Katamso, Pangenjuru Tengah

Telepon :

(0275) 321208 - (0275)321549

Email :

manpwr62@gmail.com

Website :

www.manpurworejo.sch.id

Media Sosial :
Kalender