English Club MAN Purworejo, Ajak Siswa Praktik Langsung di Candi Borobudur

Purworejo (7/4/2019) Sebanyak 30 kelompok siswa yang tergabung dalam English club MAN Purworejo berkunjung ke Borobudur, dalam rangka melatih berbicara bahasa Inggris bagi anggota kelompoknya.  Acara yang dikemas dengan nama English Club An Impressive Adventure With Native Speakers In Borobudur Temple,  Sabtu  6 April 2019 itu menambah semangat belajar bahasa Inggris siswa kelas X MAN Purworejo.
Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB, semua peserta berkumpul di Kampus MAN lokasi Jalan Kartini kemudian berangkat menuju ke Candi Borobudur, Magelang. Sepanjang perjalanan, beberapa siswa praktik menjadi pemandu wisata. Beberapa siswa melakukan praktik layaknya pemandu wisata professional. Dalam memandu, siswa wajib menggunakan Bahasa Inggris yang diselingi canda dan bernyanyi membuat suasana perjalanan semakin seru. Sesampai tiba di Candi Borobudur pukul 09.00 WIB, para siswa diajak nonton film tentang candi Borobudur di gedung audio visual sebagai bekal pengetahuan tentang Borobudur, dan selanjutnya melakukan praktik Speaking dengan wisatawan asing. Masing-masing kelompok diminta untuk mewawancarai wisatawan asing mengenai general question seperti bercerita tentang madrasahnya, tempat-tempat wisata di Indonesia, kuliner Indonesia, bahkan ada yang rela memberikan souvenir yang sengaja dibawa dari rumah untuk para wisatawan. Jika mengalami kesulitan siswa bisa langsung konsultasi dengan para pembimbing yang siap di titik kumpul yang sudah ditentukan sebelumnya. Setelah puas sekitar pukul 12.00, peserta turun dari candi, solat, shopping time, makan siang dan pulang ke madrasah.
English club yang diikuti oleh semua kelas X yang berjumlah 324 itu sebenarnya merupakan kelompok belajar bahasa Inggris, yang bertujuan untuk menghantarkan peserta didiknya untuk mengoptimalisasi proses belajar mengajar (PBM) di MAN Purworejo dengan mengutamakan kualitas pembelajaran serta memastikan peserta didik menguasai kompetensi berbahasa Inggris yang sesuai dengan tuntutan kurikulum, dan  memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara langsung di lapangan.
Saya senang dan termotivasi ikut kegiatan ini, menambah semangat belajar bahasa Inggris di madrasah.  ujar Bianda, siswa kelas X IPS3.
Wahid Karuba, selaku guru pembimbing mengatakan, tujuan dari kegiatan kemarin adalah menjadi ajang berlatih bagi siswa untuk berbicara langsung dengan orang asing (native speaker). Kegiatan semacam ini untuk melatih rasa percaya diri ketika berinteraksi dengan turis asing, dan ini kami adakan secara berkala. tambahnya.
Bisri Mustofa, waka humas yang sekaligus guru Bahasa Inggris menambahkan English Club selain melatih berkomunikasi bahasa inggris, juga untuk membekali lulusan agar ketika lulus sudah mahir berbahasa asing. (bsri-19)
Humas MAN Purworejo 7 April 2019


Berita


(0 Foto)