Siswa MAN Purworejo Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

Purworejo (6/4/2019) Puluhan siswa MAN Purworejo mengikuti pelatihan jurnalistik bersama 3 wartawan media cetak dan online di ruang pertemuan OSIS, Jum’at (5/4/2019).
Kegiatan tahunan  yang menjadi program OSIS MAN Purworejo ini diikuti 26 siswa kelas X dan XI yang berkiprah di redaksi Majalah Siswa “Nurul Ulum” yang beralamat redaksi di madrasah tersebut.
Nara sumber dari Sorot Purworejo, Mukti Ali, menjelaskan tentang bentuk berita, jenis berita, unsur berita, nilai berita, dan serba-serbi untuk menjadi jurnalis produktif.
Selama kegiatan yang dibuka langsung oleh kepala madrasah tersebut, para peserta sangat antusias mendengarkan materi, beberapa dari mereka bertanya tentang materi yang diberikan oleh nara sumber.
Sesi terakhir kegiatan itu adalah praktik langsung membuat sebuah berita sederhana tentang kegiatan madrasah.
Menurut, Khoirul Umam, selaku kepala madrasah, pelatihan jurnalistik tersebut tidak hanya sebagai bentuk kegiatan dalam rangka mengsukseskan program literasi, akan tetapi juga untuk membekali siswa yang mempunyai bakat menulis untuk menjadi penulis produktif.
"Kami berharap para peserta mendapatkan banyak wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan dalam menulis untuk menjadi bekal nantinya menjadi seorang jurnalis," terang Khoirul Umam.
“Sebetulnya menulis itu sangat sederhana yaitu dengan metode penulisan (5W) dan  (1H) kita bisa menulis sebuah berita yang aktual” ungkap Jarot yang profasinya sebagai wartawan media KR, sebuah media ternama di Yogyakarta.
"Ternyata asyik juga lho ikut kegiatan jurnalistik, bermanfaat lagi" ujar Anisa Rahmawati salah seorang peserta
Di tempat terpisah, Bisri Mustofa, humas MAN menyatakan, “Melalui program semacam ini diharapkan siswa kami bisa berperan aktif dalam mempropagandakan program cinta lingkungan bersih dan sehat kepada warga madrasah sehingga program madrasah adiwiyata akan terwujud.”

Humas MAN Purworejo, Sabtu 6 April 2019